Don't Forget 16th of August

Entah kenapa aku seneng banget ama bulan Agustus. Padahal aku gak ulang tahun pada bulan itu. Mau tahu karena apa? karena Agustus adalah bulan paling bersejarah bagi negaraku yang kucinta! 17 Agustus! Tahu kan? Aku juga seneng upacara loh! soalnya aku seneng ngeliat bendera dikibarin! Udah Paskibrakanya gagah-gagah.... Apalagi, kalo benderanya udah nyampe jatuh lagi, atau gak naik-naik! kan lucu! (Hahaha! ini sih kesalahan teknis dari upacara yang disukain). Nah, disini aku pengen ngingetin kepada kalian tentang sebuah hari di tahun 1945. BUKAN 17 Agustus! Tapi 16 Agustus. Mungkin bagi kalian yang pernah nonton iklan malem-malem jam 9 waktu 16 Agustus 2008 pernah denger ceritanya karena aku memang ngambil dari cerita itu. Hehe... gak cuma aku doang sih, buktinya kepala sekolahku waktu aku upacara 17 Agustus tahun lalu alias 2008 bercerita tentang 16 Agustus dan mirip banget dengan iklan itu!

Tanggal 16 Agustus tahun 1945 jam 03.00 malem-malem/pagi/dini hari.... Soekarno dibawa ke Rengasdengklok oleh para pemuda. Para pemuda itu ingin Soekarno memproklamasikan kemerdekaan saat itu juga. Karena, kau tahu kan? Jepang menyerah kepada sekutu karena bom atom yang menimpa Hiroshima dan Nagasaki. Para pemuda itu tidak mau menunggu-nunggu kemerdekaan itu sebagai "hadiah" dari Jepang. Kan Jepang lagi berkabung, jadi bakalan nunggu lama lagi merdekanya. Akhirnya... jam 11 malem, dirumah Laksamana Maeda dibuat deh ntuh proklamasi. Untungnya Bung Karno dan Bung Hatta mau menerima ide mereka! Kalo nggak, Kita merdekanya bukan 17 Agustus 1945! Jadi, jangan lupakan 16 Agustus begitu aja! Dan juga para pemuda tadi! Seperti: Wikana, Chaerul Saleh, Sukarni dan lainnya... Kita tak hanya berterima kasih kepada Soekarno dan Moh.Hatta, tetapi juga pada para pemuda tersebut!
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Don't Forget 16th of August"

Post a Comment

Siapa yang PERTAMAX??