Yang Mengeluh, Yang Dipenjara

Hah? Jadi kalo kita mengeluh kita bisa masuk penjara gitu? Entahlah... sepertinya tergantung mengeluhnya. Kalo mengeluhnya meneror bom sih.... boleh-boleh aja! Tapi, tidak untuk hal yang dialami Ibu Prita (Jarang-jarang ada anak kecil yang mengangkat hal-hal berat di blog-nya. Paling banter pengalamannya sehari-hari). Ibu Prita mengirim e-mail ke semua orang yang ia tahu yang mungkin, hanya untuk curhat aja. Tapi beberapa hari/minggu/bulan, ia ditangkap oleh polisi dan ditahan selama beberapa hari/minggu. Dan ia akan menjalani persidangan dalam beberapa waktu terakhir (aku juga gak tahu). Yang bikin bingung, mengapa kalau curhat bisa sampai di penjara? Ada yang bilang ini melanggar UU ITE. Ah masa iya? di koran aja masih banyak yang menulis ketidakpuasan terhadap barang atau jasa tertentu. Seperti surat pembaca di surat kabar, dan surat pembaca di beberapa forum (bahkan kalau di forum, kata-katanya lebih... begimana gitu). Kalau begini, artinya gak ada Undang-undang Nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan berpendapat di muka umum yang termasuk HAM (Kebetulan PKn lagi belajar kemerdekaan berpendapat). Nah lo... termasuk HAM, bisa-bisa yang nuntut ke penjara melanggar HAM! Coba aku ambil satu contoh ya... Hmm... ah Pasal 1 ayat 1!
Kemedekaan menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Tuh kan... Hak setiap warga negara... Dan ini juga bukan pencemaran nama baik kok, ini adalah keluhan, curhat, atau sekedar berbincang mengenai sebuah kejadian. Apakah kalau aku curhat mengenai makanan ringan merek X itu bikin sakit perut ke teman aku akan di penjara? Hal yang aneh bukan? Juga tidak masuk logika seorang anak kecil!(memamerkan diri). Bagi anda yang ingin sekali melihat isi e-mail Ibu Prita Mulyasari silahkan klik disini.

Wah... ternyata berita tentang Ibu Prita ini memang sangat gencar dii Indonesia. sampai-sampai ada sebuah page/halaman facebook yang anti dengan rumah sakit tempat Ibu Prita di... apa ya? tidak dilayani kali ya? Bahkan ada Cause (sebuah aplikasi facebook untuk men-support biasanya) untuk ibu prita!
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Yang Mengeluh, Yang Dipenjara"

Post a Comment

Siapa yang PERTAMAX??